InfoJaguarQQ percaya bahwa Anda pasti kesal dan sebel dengan teman anda yang meminjam uang kepada anda, namun teman anda sukar untuk membayar hutangnya kepada anda. Kelihatannya banyak dari teman teman yang sudah memiliki pengalaman seperti ini. Domino99

Dan anda sebagai pemberi hutang pastinya merasa ingin banget uang anda kembali ke tangan anda, tetapi terkadang sungkan untuk menagihnya kembali karena mungkin itu teman baik anda. Tapi jika tidak ditagih namun teman anda tidak memiliki inisiatif untuk mengembalikan uang kita disaat kita butuh kan bisa berabe juga.

Jadi InfoJaguarQQ memberikan informasi yang  mungkin dapat membantu anda untuk menagih secara harus tanpa anda merasa sungkan. Yuk ikutin cara caranya.. ^^

1. Sering Minta Bayarin
Pertama-tama ada 2 jenis peminjam yang sering kali kita temui, yaitu mereka yang secara terang-terangan akan meminta dan yang kedua mereka yang meminjam secara terselubung. Nah tipe kedua ini yang agak berbahaya karena mereka suka membuat alasan meminta kita membayar pembeliannya dengan alasan lupa membawa uang. Cara ini juga sebenarnya dapat kalian lakukan agar uangmu kembali. Ketika pergi bersama, cobalah untuk membawa uang seminim mungkin lalu mintalah teman tersebut untuk membayar barang belanjaan kita. Tentu saja dengan nominal yang sama sambil menjelaskan kalau nominal hutangnya akan dipotong otomatis kalau mau membayar belanjaan kita.

2. Rajin Menitip Barang
Jika cara pertama kurang efektif, anda dapat juga menggunakan menitip barang kepada teman anda dengan kondisi anda berada diberbeda lokasi. Biasanya yang menggunakan trik ini untuk anak kampus ataupun yang ngekost bareng lebih efektif. Dengan berdalih kebutuhan sehari-hari telah menipis.

3. Bersikap Memelas / Curhat Keuangan
Apabila dengan kedua cara tersebut tidak mempan, maka anda bisa mencoba melakukan pendeketan kembali. Anda pasti tahu cara untuk curhat donk. Nah contohnya anda ingin membelikan hadiah kepada kekasih ataupun orangtua anda dalam hari ultah mereka, namun anda tidak sanggup untuk membeli barang tersebut dikarenakan kekurangan dana. Jika teman anda peka, mereka akan secara otomatis mengembalikan dana anda. Tidak masalahkan apabila anda memelas sedikit untuk mendapatkan uangmu kembali. ^^

4. Mainkan Kode Alam Pada Saat Tanggal Gajian
Coba cari tahu kapan teman kamu menerima gaji atau mendapatkan kiriman uang. Dengan begitu kalian dapat ‘menagih’ hutang di waktu yang tepat dan dianya juga tidak dapat mengelak kalau uangnya telah habis karena kan barusan gajian. Cobalah menyindir dengan kalimat seperti in, “Ciyee yang barusan dapet duit, mana nih jatah untuk aku?” Pancingan-pancingan semacam ini perlu dilakukan agar kepekaannya muncul

5. Puji Dia
Dalam ilmu psikologi, orang akan bereaksi lebih cepat ketika kamu memainkan egonya. Kalian dapat memainkan egonya dengan cara menyanjungnya. Contohnya ceritakan saja kalau selama ini dia sudah kamu anggap sebagai sosok teman yang bijaksana serta kerap melakukan kebaikan. Setelah itu biasanya orang tersebut akan tergerak melakukan hal-hal bijaksana dan benar, persis seperti yang kamu bicarakan sebelumnya. Karena jika tidak demikian orang itu akan khawatir rasa kagum orang lain terhadap dirinya akan hilang. Jadi jangan lupa untuk menagih hutang beberapa jam setelah memberinya pujian. Oke guys!

6. Mainkan Gengsinya
Selain memainkan ego, cobalah untuk memancing gengsinya. Caranya pun cukup mudah, kalian hanya perlu membuat sebuah skenario kecil misalnya dengan menceritakan kalau ada teman yang sempat berkata buruk tentangnya karena seringkali telat mengembalikan duit yang dipinjam. Lalu utarakan kalau kamu yakin bahwa dia bukanlah orang seperti itu dan akhirnya si ‘dia’ pastilah akan membayar hutangnya tepat waktu.

7. Langsung Blak-Blakan Aja
Kalau dengan cara-cara halus serta sindiran kecil belum juga berhasil, beranikan diri untuk meminta secara langsung. Tapi sertakan juga alasan yang tepat ya. Contohnya saja kamu ingin uang yang dipinjam bisa segera dikembalikan karena harus membayar tagihan motor serta untuk membayar kos bulanan. Masak sih teman sendiri tega kalau kita sampai menunggak bayar hal-hal penting kayak gitu. Umumnya sih cara seperti ini akan berhasil.

Itulah tadi 7 Cara yang dapat InfoJaguarQQ bagikan kepada teman teman sekaligus, semoga cara cara tersebut dapat bermanfaat untuk teman teman sekalian. Selamat mencoba yah.

Advertisements